Sudah Benarkah Ibadah Kita? By Amru Khalid

Standard

* Seorang Ulama pernah mengatakan, ‘Shalat adalah cahaya yang berkilauan dari seorang mukmin, memancar di wajahnya dan menyebar ke seluruh anggota tubuhnya’

* Suatu ketika Amru Khalid shalat berjamaah disatu masjid. Saat takbiratul ihram pertama, ia mendengar pemuda disebelahnya terisak. setelah Shalat, ia beranikan diri bertanya kepada pemuda tersebut mengapa ia menangis padahal Shalat baru akan dimulai. Pertanyaan ini dijawab ‘saat aku melafalkan ‘Allaahu Akbar’, seketika itu pula aku merasa takut jika aku berbohong kepada Allah, aku mengatakan dengan lidahku bahwa Dialah yang Maha Besar, tapi dalam hatiku ternyata tidak demikian’.

*Jika seseorang shalat dan tidak menyempurnakan Ruku’ dan Sujud di dalamnya, maka shalatnya itu akan dilipat-lipat seperti pakaian yg sudah usang lagi buruk, lalu dilemparkan kepada wajah orang tersebut dan shalatnya berkata ‘semoga Allah melenyapkan pahala shalatmu sebagaimana engkau telah melenyapkan aku (HR Abu Daud dan Nasa’)

* Seorang Hamba tidak akan mendapatkan apa-apa dalam shalatnya kecuali apa yang ia mengerti (HR Tirmidzi)

* Hasan Ibn Ali menurut riwayat selalu menggigil dan berubah raut wajahnya setiap kali akan melaksanakan shalat. ketika ditanya tentang sebabnya, Ia pun berkata ‘ apakah kalian mengerti, siapakah yang akan aku hadapi sekarang ini?’ (can we???)

* Ketika sujud, seorang hamba dan Tuhannya sangat dekat’

* Jagalah lidahmu selamanya agar tetap basah oleh dzikir kepada Allah (HR Tirmidzi & Ahmad

Leave a Reply

